Rabu, 05 Oktober 2011

Pengetahuan Umum Tentang DVD

Piringan DVD hampir dapat disamakan dengan piringan CD atau CD-ROM, tetapi lebih maju dari yang dikatakan pertama.Orangpu lalu beralih mengembangkan DVD yang minimal sebesar 650 Megabyte , bila 1 Gigabyte adalah 1000 Megabyte, maka kjelipatannya adalah sebesar tujuh kali bahkan bisa juga maxsimal ditingkatkan menjadi 20 kali.
Begitu pula dengan CD-ROM,maka kini punya daya simpan informasi maksimal menjadi 680 Megabyte,sementara piringan sebuah DVD dalam satu lapisannya (single side/double layer ) memiliki kapasitas menimpan data sebesar 8,5 Gigabyte.
Kapasitas ini juga akan berlipat menjadi 17 Gigabyte pada piringan lapis ganda dan sisi ganda, yang berarti sekitar 28 kali dibandingkan dengan kapasitas DVD-ROM.  
Daya simpan inilah yang membuat sebuah piringan DVD dapat menyimpan sebuah atau lebih judul ( tergantung pada kualitasrekamannya ).Membandingkan antaraDVD dengan CD-ROM, khususnya pada sisi Videonya dapat dikatakan bDVD merupakan suksesor dari CD-ROM dengan kemampuan menyimpan 20 kali lebih banyak di bandingkan dengan audio, video atau data dari PC pada CD.

 
Spesifikasi
CD
DVD
Diameter Disc
120mm
12mm
Ketipisan Disc
1,2mm
1,2mm
Struktur Disc
Lapisan Tunggal
Dua lapis 0,6mm
Panjang Gelombang Laser
780mm (infra merah )
650 dan 635nm ( merah )
Apetur numerik
0,45
0,60
Pitch Track
1,6um
0,74um
Pitch Terpendek
0,83um
0,4um
Kecepatan
1,2m/sec
4,0m/sec
Layer data
1
1 atau 2
Kapasitas Disc
Sekitar 680 megabyte
Single layer4,7 GB
Dual Layer 8,5 GB




Selain lebih unggul dari CD dan CD-ROM, DVDjuga lebih unggul ketimbang video berformat VHS dan LD.
Dtinjau dari resolusi teknik yang di kenal dengan kompresi dimana pemampatan dari video dan suara sepanjang 133 menit keatassebuah disc.
Saat dics ini kita mainkan, data tertsebut akan terdekompresi untukkemudian di tampilkan ke TV. Kualitas gambar dan suara dvd hampir disamai dengan tampilan siaran transmisi satelit, yang juga menawarkan gambar dan suara lewat teknik kompresi.



Video
Video CD
DVD Video
Data Rate
1,44MB/ Sec Video dan Audio
1 hingga 10 MB/Sec,bervariasi ( Untuk video audio dan substitle )
Kompresi Video
MPEG 1
MPEG 2
Track Suara
MPEG2, 2 Kanal
2 Kanal Linear PCM
5.1 Kanal Dolby
AC3 dan 5.1/7.1DTS
Subtitle
Hanya open caption
Hingga 32 Bahasa

 Sistim kompresi ini yaitu yang dinamakan MPEG2, memiliki rasio kompresi tinggi sehingga dapat menampilkan gambar yang lebih padat dan menawn.
MPEG2 ini adalah gugus audio AC3 yang merupakan versi digital dari suaraDolby Surround AC3, yang sepertibkita ketahui mampu menyampaikan kanal posisional 5 posisi plus sebuah subwofer.
Teknologi DVD jga dilengkapi dengan fitur parental lock untuk mencegah anak-anak menonton tampilan tertentu dalamsebuah film.Selain parental lock, fitur lainnya yang perlu dilihat dalam sebuah pemutar adalah :
-Play back untuk efek khusus, seperti fasilitas freee, step, slow, fast, scan.
- Keluaran audio digital
- Kemampuan pemograman
- Enkoding video sekualitas MPEG2 selama 133 menit dengan suara surround multi kanal.
-Adanya 9 sudut kamera untuk kenyaman menonton
- Adanya protecsi digital dan analog.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar